SOSIAL BUDAYA

 
SENI BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT DESA MAJASARI
 
MIDER TAMBA
 
Yaitu upacara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengusir penyakit, dengan cara membawa air tambak ke dalam bungbung bambu yang berasal dari kasepuhan atau sumber untuk disiramkasan ke air yang mengalir ke sawah pada sawah yang berada di batas desa.
 
MAPAG SRI
 
Adalah upacara yang dilaksanakn dengan tujuan unutk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas tibanaya masa panen, dengan cara melaksanakan pergelaran kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus dan biasanya dilaksanakan di balai desa.
 
SEDEKAH BUMI
 
Adalah upacara yang dilaksanakan oileh petani pada saat akan turun menggarap sawahnya. biasanya dilakukan pada awal musim hujanyaitusekitar bulan oktober sampai desember. Prosesi upacara ini biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat disuatu tempat dilkukan doa bersama dan setalah itu dilaksanakan upacara adat.
 
UDUN – UDUNAN
Ritual Udun – udunan adalah ritual menginjakan kaki untuk pertama kalinya ke bumi bagi bayi, biasanya sang bayi diletakan di dalam sebuah Kurungan. setelah kurungan dibuka sang anak biasanya memilih aneka mainan yang diprediksikan akan melambangkan masa depannya.
 
SENI
Beberapa bentuk ekspresi seni
 
TARLING
Merupakan perpaduan seni musik dan lagu yang pada awalnya di tampilkan dalam bentuk nyanyian yang hanya di iringi gitar dan suling. sejalan dengan perkembangan, kesenian tarling terkontaminasi dengan musik dangdut sehingga lahirlah kesenian tarling dangdut. 
 
BUJANGGA / MACOPAT
Seni Sastra tradisional jawa yang memberikan tuntunan tentang hidup dan kehidupan manusia dengan berbagai liku liku tantangan dan mekanisme pemecahanya semenjak dalam kandungan sampai alam akhirat melalui tembang kawih dengan iringan musik akapela yang sesekali diselingi dengan guyon (humor). bagi sementara pihak macopat ini mengandung kekuatan Magis yang diyakini mampu menangkal, menyembuhkan dan atau mencegah sesuatu musibah. Biasanya Bujangga / Macopat ini diselenggarakan pada prosesi ritual  Nujuh bulan,Udun udunan,memberikan nama bayi, selamatan petani dalam memulai bercocok tanam maupun pasca panen juga menaikan suhunan rumah.
 
REBANA
bentuknya bundar dan memiliki selaput di salah satu sisinya, selaput itu bisa berupa kulit binatang atau plastik  mengkilap yang disebut hologram. Bunyi tamborin dengan selaput hologram lebih nyaring dari pada yang terbuat dari kulit binatang atau plastik transparan. Pada sisi keras tempat kita memegang tamborin terdapat 1 atau 2 gemerincing berwarna perak seperti warna sendok dan garpu. Ukuran tamborin bermacam-macam, ada yang disebut tamborin anak-anak dan tamborin dewasa. Bedanya dari diameter dan beratnya tentunya. Namun pembuatannya sama.Rebana biasa dimainkan dalam acara – acara islami. Salah  satu grup rebana yang ada di desa Majasari adalah Nurul Hikmah.
 
RUDAT/GENJRING
Pada awalnya Seni Rudat hanya berkembang di pesantren-pesantren, namun kemudian seni yang bernafaskan Islam ini berkembang pula di masyarakat umum.
Secara etimologis rincian istilah rudat belum di temukan secara jelas. Tapi menurut Iyus Rusmana istilah ini bisa di cari dari bahasa arab rudatun yang artinya taman bunga. Dalam hal ini berarti bunga nya pencak. Sedangkan menurut Enoch Atmabrata, rudat tarian merupakan tarian di iringi oleh musik terbangan di mana unsur tarian nya banyak kental dengan nuansa agama, seni bela diri, dan seni suarana .
Munculnya kesenian Rudat berawal dari tumbuhnya semangat perjuangan masyarakat dalam upayanya melawan penjajah yang dipimpin oleh seorang pangeran dari Kesultanan Kanoman Cirebon. Bersama pimpinan-pimpinan pesantren ia menyusun kekuatan dengan mengajarkan ilmu beladiri pada para santri. Kegiatan tersebut kemudian disamarkan dengan membentuk gerakan-gerakan berbentuk tarian. Maka dalam tarian Rudat, kita akan melihat perpaduan gerak silat, dzikir dan gerakan sholat, kemudian diiringi dengan lantunan puji-pujian yang mengagungkan asma Allah dan Rasulnya.
 
Adapun alat musik yang digunakan dalam pertunjukan Rudat adalah perangkat genjring, trebang dan bedug. Penggunaan genjring sebagai alat tabuh dilakukan juga pada seni rudat. Bedanya irama genjring rudat lebih keras, bergairah, dan beraturan. Seni rudat lebih menekankan pada irama yang keras dan diiringi selawat nabi serta tarian pencak silat. 
 
SINGA GOTONG
Kesenian ini di adopsi dari seni sunda dalam perjalananya seni ini sudah mengalami pergeseran nilai dimulai dari alat musik banyak grup yang menghilangkan Kendang dan tarian Pencak dan diganti dengan alat musik modern.