Di Rumah Edukasi PMI Majasari, Kementerian PUPR gelar pembakalan dan uji kompetensi Tenaga Konstruksi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pembakalan dan uji kompetensi atau sertifikasi tenaga kerja terampil bidang konstruksi, berlangsung selama dua hari, dari tanggal 11- 12 Juni 2021 di Rumah Edukasi PMI (Pekerja Migran Indonesia) Desa Majasari.
Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak tenaga jasa konstruksi yang andal dan bersertifikat, dibuka oleh Anggota Komisi V DPR RI Bambang Hermanto, diikuti oleh 50 peserta tenaga kerja bidang konstruksi dari berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.
Sertifikasi kompetensi ini dilakukan untuk menghasilkan SDM tenaga kerja konstruksi berkualitas. Hal itu sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi mengamanatkan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Demikian pula setiap penyedia maupun pengguna jasa wajib mempekerjakan tenaga konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.
“Kedepanya hanya tenaga konstruksi yang memiliki sertifikat keahlian saja yang dibutuhkan. Maka dari itu kita dorong percepatan sertifikasi ini bagi tenaga kerja kontruksi di Kabupaten Indramayu,” ujar Bambang Hermanto.
Sejalan dengan tujuan pendirian rumah edukasi PMI Desa Majasari yang bertujuan memberikan bekal keterampilan vokasional bagi masyarakat desa Majasari, Pj. Kuwu Majasari, Wartono, S.Pd., M.Si, berharap kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi tersebut secara rutin bisa diselenggarakan di rumah Edukasi PMI Majasari.
Selama dua hari, para peserta akan mengikuti beragam materi dan praktek dipandu instruktur, assesor dan panitia balai. Sebelum pelaksanaan para peserta mengikuti tes Swab terlebih dahulu dan selama pelaksanaannya, tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan penularan COVID-19.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan