Februari dan Agustus, Balita di Majasari diberi Vitamin A

Puskesmas Tambi bersama Kader Posyandu Desa Majasari berikan Vitamin A pada Balita, Dilaksanakan selama dua hari, Selasa sampai dengan Rabu, (16-17 Februari 2020). Suptini, Pendamping Kader Posyandu (PKP) Kecamatan Sliyeg menjelaskan, Vitamin A ini secara rutin diberikan setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A.

“Pada tahap pertama ini baru dilaksanankan di dua posyandu, yaitu Posyandu Mawar dan Cempaka, untuk dua Posyandu lagi akan dilaksanakan Minggu depan”, terangnya.

Di kedua bulan ini, lanjut dia, Balita di Majasari mendapatkan suplementasi vitamin A, berupa Vitamin A dengan jenis Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Selain Vitamin A, balita di Majasari juga diberikan obat cacing.

Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan s/d 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Menyadari dampak dari KVA, Pj, Kuwu Majasari, Wartono, S.Pd., M.Si meminta Kader Posyandu lakukan sosialisasi secara massive dan berharap seluruh anak balita di Majasari mendapatkan Vitamin A.

Dalam kegiatan ini hadir dari Puskesmas Tambi sebagai Pembina Wilayah di Majasari, Hj. Lia, S.Kep.,Ners dan Nurati, Amd,Keb.

(Sekretariat Desa Majasari)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan