KUWU TERPILIH DESA PENGANJANG CARI INSPIRASI INOVASI, KUWU KERTANEGARA STUDI DI MAJASARI

Sebagaimana kita ketahui bersama pada 13 Desember 2017 Kabupaten Indramayu baru saja melaksanakan pemilihan Kuwu serentak untuk 138 Desa di 30 Kecamatan , para Kuwu terpilih sesuai jadwal akan dilantik oleh Bupati Indramayu pada tanggal 12 Februari mendatang. Hari ini, Rabu (10/01) Kuwu terpilih Desa Penganjang Darsono bersama rombongan kunjungi Desa Majasari, bermaksud mencari inspirasi lnovasi untuk kemajuan desanya kedepan.

Muzayin Haris Pendamping Kecamatan yang memfasilitasi kunjungan, mengapresiasi langkah Kuwu terpilih yang melakukan studi dan mencari inspirasi bagaimana gambaran tata kelola pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa “Nampaknya Kuwu Terpilih Desa Penganjang benar-benar mempersiapkan diri untuk memacu pembangunan di Desanya.” ungkapya

Bersamaan waktu kunjungan Kuwu terpilih Desa Penganjang hari ini, Kuwu Desa Kertanegara bersama Pamong Desa dan Lembaga-lembaga Desa juga melakukan kunjungan, Kuwu Kertanegara menjelaskan maksud tujuannya ke Desa Majasari adalah untuk melakukan studi  di Majasari “Kami ke sini untuk melakukan studi, karena kalau studi banding tidak ada yang bisa kami bandingkan.” terangnya.

Dalam paparan selayang pandang Desa Majasari, Kuwu Majasari menjelaskan berbagai program dan inovasi yang dilaksanakan. Inovasi Desa dimaksudkan untuk percepatan pembangunan di Desa Majasari. Kini inovasi desa menjadi program tersendiri dari Kemendes PDTT.

Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa. Melalui Program Inovasi Desa (PID) diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Sekretariat Desa

Facebook Comments