Kuwu Majasari, Ajak Jimpitan Dilaksanakan Menyeluruh

Hampir di setiap blok di Desa Majasari terdapat kelompok masyarakat yang bergerak dalam filantropi masayarakat. Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Desa Majasri pada Ramadhan tahun 2016 kemarin dalam momentum buka puasa bersama masyarakat, Kuwu Majasari anugerahi Komunitas dan Perseorangan penghargaan Wirajasa Aditama. Sebuah penghargaan desa untuk warga, baik komunitas maupun perseorangan yang dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan desa.

Dokumentasi Penyerahan Penghargaan Wirajasa Aditama Tahun 2016

Bentuk filantropi yang telah dilakukan masyarakatnya tersebut menurut Kuwu Majasari perlu di integrasikan dalam wadah yang lebih besar, tidak ada sekat, sehingga kebaikan yang diterima masyarakat akan lebih luas. Hal tersebut diungkapkan Kuwu Majasari dalam sambutan peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diselenggarakan Jamiah Al Hidayah pada senin malam (18/12) di halaman Mushola Nurul Yaqin Blok Maja II atau lazim disebut blok terowongan.

“Disetiap Blok sudah banyak kelompok yang menghimpun dana dari lingkunganya , ada Jimpitan atau Beras Perelek, itu budaya kita yang harus dilestarikan di Desa, terlebih lagi kalau kita berlatih membayar zakat, minimalnya menyisihkan dari biaya makan kita sehari-hari untuk berbagi dengan sesama dan ini harus dikelola dalam satu desa.” ungkapnya.

 

Jamiah Al Hidayah Blok Maja II

Kuwu Majasari juga menceritakan dampak yang dirasakan ketika kegotongroyongan tersebut disatukan dalam satu pengelolaan dan menyeluruh satu desa, “Disebuah desa yang pernah saya kunjungi, mereka mampu mempunyai klinik dan dokter sendiri di Desa, mempunyai mobil ambulance, dan manfaat lain yang didapat dari keswadayaan yang dilakukan.” jelasnya.

Diakihir sambutan Kuwu Majasari mengajak masyarakatnya menjadikan peringatan Maulid Nabi ini sebagai kesempatan untuk mengevaluasi diri agar selalu meneladani Nabi Muhammad SAW, baik hubungan dengan Tuhan maupun sesama manusia, dan menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Sekretariat Desa Majasari

Facebook Comments