Selamat, Slamet Setiadi Juarai Kontes Sapi

Slamet Setiadi ketua Kelompok Ternak Tunggal Rasa Desa Majasari menjuarai kontes ternak sapi. Kontes ternak 2017 yang diadakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu bersama Forum Peternak Sapi Potong Indramayu bertempat di kandang koloni Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Indramayu, diikuti oleh peternak yang tergabung dalam kelompok maupun peternak sapi perorangan. Peserta berasal dari wilayah Indramayu Timur (Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng), Wilayah Tengah (Indramayu, Balongan, Sliyeg, Jatibarang, Widasari) wilayah Selatan (Tukdana, Bangodua, Kertasemaya, Lelea) wilayah Barat (Cikedung, Terisi, Kroya, Haurgeulis, Gantar).

Kontes ternak  yang diselenggarakan dari tanggal 08 sampai 09 November 2017 menjadi sejarah tersendiri, karena Kontes Ternak Sapi baru pertama kali diadakan di Indramayu dan menjadi sejarah bagi kebangkitan para peternak di wilayah Indramayu. Nandang, Panitia Penyelenggara Kontes Ternak mengatakan, kegiatan Kontes Ternak diadakan untuk mendorong peternak supaya lebih bergairah dalam beternak dan sebagai ajang sharing inovasi dunia peternakan, selain itu juga Kontes ini sebagai ajang untuk mempromosikan ternak kepada masyarakat.

Satand Pameran Produk Keltan Tunggal Rasa

Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si yang didaulat sebagai Wakil Ketua Panitia Pelaksana Kontes Ternak 2017, menjelaskan bahwa pihaknya  sangat membutuhkan partisipasi antar peternak untuk dapat memperkuat asosiasi jaringan peternak di Indramayu, “Harapanya dengan kegiatan Kontes Ternak ini dapat menjadi pemicu tumbuhnya semangat beternak dalam rangka mencukupi swasembada daging di Indramayu.” harap Kuwu Majasari.

Kuwu Majasari bersama Peternak Sapi yang juga Anggota TNI

Dalam Kontes Ternak Sapi Indramayu tersebut dibagi beberapa kategori, Kelas Penggemukan, Ratu Bibit Silangan, Ratu Bibit Peternakan Ongole, Raja Pejantan Pasundan, Ratu Bibit Pasundan, Dara Peranakan Ongole, Anak Peranakan Ongole, Panen Pedet Hasil IB. Peserta Kontes Ternak diikuti oleh berbagai kelompok ternak dan perorangan di wilayah Indramayu.

Penilaian Ternak oleh Juri

Kontes Ternak Sapi mendapatkan respon yang positif, banyak pihak terutama peternak berharap kegiatan kontes sapi tersebut secara rutin diadakan setiap tahun dan disokong penuh oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu. Dengan kemasan acara yang lebih luas dan lebih meriah perhelatan tahunan para peternak ini dapat menjadi daya tarik wisata dan menjadi ekspose pemerintah daerah terhadap perkembangan dan keberhasilan peternakan di Kabupaten Indramayu.

Sekretariat Desa

Facebook Comments