Dihadapan Direktur Bina Pemerintahan Desa, Kuwu Majasari Jelaskan Master Plan Majasari Agropolitan

Desa Majasari merupakan Juara I di wilayah regional II Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2016. Mulai tahun 2016 lomba desa sudah meninggalkan pola lama dan mengacu pada Permendagri baru Nomor 81Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Di dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, juara lomba desa akan ditetapkan sebagai lokasi labsite. Menurut Permendagri 81 tersebut, Labsite adalah sebuah desa dan kelurahan yang dapat dijadikan percontohan bagi desa dan kelurahan lainnya.

Dengan prestasi yang diraih Desa Majasari, pada hari Jum’at (3/11) Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengunjungi Desa Majasari dalam rangka persiapan pembentukan dan pengembangan Labsite Desa. Labsite Desa dimaksud akan menjadi tempat pengkajian model-model pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa untuk mendapatkan pengalaman secara sistemik sejak dari perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan,evaluasi hingga laporan.

Pada kegiatan tersebut hadir  Direktur Bina Pemerintahan Desa  Dr. Eko Prasetio, Kabid DPMD Provinsi Jawa Barat beserta jajarannya didampingi dari Pemerintah Kabupaten Indramayu Asisiten II, DPMD, Kepala OPD terkait, Camat Sliyeg, serta unsur Muspika Sliyeg.

Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si dalam paparannya menerangkan progress Desa Majasari sebelum lomba desa dan setelah menjadi juara lomba desa, dijelaskan oleh Kuwu Majasari bahwa Desa Majasari sudah mempunyai Rencana Utama Desa (Master Plan) menuju Majasari Agropolitan. Agropolitan merupakan suatu pendekatan pembangunan melalui gerakan masyarakat dalam membangun ekonomi berbasis pertanian (agribisnis) secara terpadu dan berkelanjutan melalui pengembangan infrastruktur perdesaan yang mampu melayani, mendorong, dan memacu pembangunan pertanian.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion) diselenggarakan di ruang Aula Balai Desa Majasari berjalan cukup dinamis, terlihat antusiasme masyarakat Majasari dengan beragam harapan meraka yang langsung diutarakan kepada Direktur Bina Pemerintahan Desa.

Sekretariat Desa

Facebook Comments