Gebyar MTQ Tingkat Desa Dalam Rangka Syukuran Mendem Sedekah Bumi

Desa-desa dengan tipologi pertanian di Kabupaten Indramayu dalam setiap penyambutan musim tanam padi umumnya didahului dengan serangkaian acara adat yang dinamakan mendem sedekah bumi. Mendem sedekah bumi merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Tradisi mendem sedekah bumi di Desa Majasari ini didahului dengan do’a bersama dilanjutkan dengan makan bersama masyarakat di Balai Desa dan biasanya dilanjutkan dengan acara hiburan pergelaran wayang kulit, namun dua tahun terakhir acara hiburan pergelaran wayang kulit diganti dengan siraman rohani.

Pada tahun ini mendem sedekah bumi di Majasari dirangkai dengan kegiatan Anjang Karya, kegiatan diisi dengan materi penyuluhan oleh penyuluh pertanian, mantri pengairan yang menjelaskan kondisi dan kecukupan air untuk pertanian, serta informasi-informasi pembangunan yang disampaikan oleh Kuwu Majasari.

Dalamrangka syukuran mendem sedekah bumi tahun 2017 ini pula Pemerintah Desa Majasari bersama MUI Desa Majasari menyelenggrakan Gebyar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) sebagai evaluasi kegiatan Gerakan Majasari Magrib Mengaji. MTQ diikuti oleh 157 siswa sekolah dasar dan diniyah, Ustad Ahmad Saechu, S.Pd.I ketua penyelenggara MTQ, menjelaskan kegiatan MTQ dibagi dalam beberapa cabang lomba, yaitu Kaligrafi, Murotal, Tilawatil Qur’an dan Hafalan Juz’amma.

Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan MTQ, “Kami juga memohon maaf apabila dalam penyelenggaraan MTQ ini Pemerintah Desa belum memberikan fasilitasi yang cukup, harapan kami kedepan mudah-mudahan kegiatan ini akan terus dilaksanakan.” harap Kuwu Majasari.

Sekretariat Desa Majasari

Facebook Comments