BPBD Indramayu Bentuk Majasari Desa Tangguh Bencana

Penanggulangan bencana adalah tanggung jawab semua pihak, pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Artinya, setiap orang atau individu dan lembaga ikut bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana untuk keamanan dan keselamatan dirinya, keluarga maupun lingkungannya.

Berdasarkan pengalaman dalam penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu bentuk Desa Tangguh Bencana pada hari Selasa(26/09) di Desa Majasari, kegiatan tersebut diikuti oleh Masyarakat Desa Majasari dari berbagai komponen kelembagaan desa, tokoh masyarkat dan tokoh perempuan. Selain desa Majasari pembentukan desa tangguh bencana diikuti pula oleh masyarakat dari Desa Jatisawit Lor Kecamatan Jatibarang.

Kegiatan dibuka oleh Camat Sliyeg H. Wasga Ciptawibowo, SH., M.Si sekaligus membacakan amanat Bupati Indramayu.  kegiatan pembentukan sekaligus pembekalan kepada kelompok kesiapsiagaan bencana ini direncanakan diselenggarakan selama dua hari.

Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si memberikan apresiasi atas inisiasi BPBD dalam mempersiapkan desa menjadi desa tangguh bencana, walaupun desa Majasari tidak termasuk desa rawan bencana tetapi menurutnya pembentukan desa tangguh bencana merupakan hal yang penting sebagai upaya kesiap siagaan yang merupakan faktor utama dalam pengurangan risiko bencana. “penting dan diperlukan upaya-upaya strategis melalui suatu perencanaan yang dilakukan secara terintegrasi lintas pelaku dan pemangku kepentingan di level desa dalam penanggulagan bencana,” ungkapnya.

GALERI FOTO KEGIATAN

Sekretariat Desa

Facebook Comments