Mahasiswa KKN Unwir Hasilkan Produk Teh dan Krupuk Daun Jambu

         Kerupuk dan Teh dari Daun Jambu Air

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa bertujuan diantaranya agar Mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu tekhnologi, berupaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan serta memotivasi masyarakat dalam membangun Desa. Mahasiswa dari universitas Wiralodra selama 40 hari telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Majasari, dan hari ini senin (21/08) merupakan hari terakhir mereka berada di Majasari.

Dalam acara pelepasan dan seminar akhir yang dilaksanakan di balai Desa Majasari pada Minggu malam (20/08), Sadikin Ketua KKN Unwir Kelompok 25 mengatakan pencapaian target pada bidang ekonomi adalah terciptanya produk unggulan baru yang bisa menjadi peluang usaha masyarkat, “Kelompok kami mencoba membuat produk baru yang bisa menjadi peluang usaha masyarakat, diantaranya Kerupuk daun jambu air dan teh dari daun jambu air.” terangnya.

Sementara itu Gita Mahasiswi KKN Unwir yang menggagas diadakannya pelatihan pembuatan kerupuk dan teh dari daun jambu menjelaskan kelompoknya melihat potensi banyaknya pohon jambu air yang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Tentang produk yang dihasilkan dirinya mengaku belum menguji secara mendalam kandungan protein yang terdapat dalam produk gagasanya itu “Kami sudah berkordinasi dengan Ibu-ibu kelompok usaha purna TKI yang kami latih agar produk ini diuji lab sekaligus mendapatkan perizinan makanan dari pihak berwenang” harapnya.

Ternyata banyak ragam manfaat bisa kita didapatkan dari sesuatu yang kita anggap sepele dan tidak bernilai, jika kita mempunyai kemauan untuk berinovasi maka banyak hal bisa kita gali dan menjadi bernilai ekonomis.

Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si memaparkan pihaknya selalu mendorong warga untuk menjadi pembelajar dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dengan membudayakan literasi baik melalui Buku maupun media internet “Pemerintah Desa Majasari memberikan fasilitas perpustakaan desa dan akses internet gratis pada warga dengan tujuan mengoptimalkan produktivitas mata pencaharian mayoritas masyarakat melalui pemanfaatan perpustakaan dan Teknologi informasi sebagai pusat belajar , melalui buku dan Internet kita dapat mencari informasi dan peluang-peluang usaha baru.” ungkapnya.

Melihat hasil produk dari gagasan mahasiswa KKN tersebut, Kuwu Majasari memberikan apresiasi dan berharap masyarakat majasari juga dapat menemukan ide-ide lain agar semakin banyak produk yang bisa dihasilkan dari desa Majasari.

Sekretariat Desa

 

 

Facebook Comments