Keltan Tunggal Rasa dinilai Tim Juri Lomba Kelompok Ternak Berprestasi Provinsi Jabar

14481916_1102291043192941_6655152249137072171_oLomba Kelompok Agibisnis Berpestasi merupakan agenda tahunan pembinaan kelembagaan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem dan usaha peternakan yang dilaksanakan oleh para peternak yang terbentuk dalam kelompok peternak di Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Pada tahun ini kelompok ternak Tunggal Rasa Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu maju sebagai delegasi Kabupaten Indramayu dalam penilaian Lomba Kelompok Ternak Berpestasi tahun 2016.

Penilaian hari ini Senin (26/9/2016) berlangsung dari pukul 9.00 pagi dan berakhir pukul 16.30 WIB dilaksanakan di Balai Desa Majasari untuk acara pembukaan dan pemaparan keberhasilan kelompok, dilanjutkan dengan penilaian lapangan di lokasi kandang peternakan sapi. Kegiatan penilaian dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jabar mendapingi Tim Penilai, sementara dari pejabat Kabupaten dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu dan Kepala dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, beserta jajaran, Camat Sliyeg dan mitra kerja Pemerintah Desa Majasari termasuk Pihak Akademisi dari Pembantu Rektor I Universitas Wiralodra ikut hadir memberikan motivasi bagi kelompok. “Yang istimewa hari ini Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat berkenan hadir, sungguh sebuah kehormatan bagi kami.” ungkap selamet setiyadi ketua kelompok ternak dalam sambutan pemaparannya.

Pemerintah Desa Majasari gencar melaksanakan pendampingan dan pemberdaayaan kelompok masyarakat termasuk pada kelompok peternak sapi dan kelompok purna TKI dan keluarganya. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah desa pada usaha ekonomi masyarakat dengan pola klaster usaha berbasis pertanian dan peternakan “Saya yakin dengan apa yang dilakukan kelompok ternak tunggal rasa jika diikuti oleh kelompok lain untuk beternak sapi maka kita bisa swasembada daging,” jelas Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Ir. Doddy Firman Nugraha menjelaskan bahwa tujuan lomba ternak berprestasi ini adalah untuk Meningkatkan Motivasi para peternak yang tergabung dalam wadah kelompok peternak ( Sapi potong, Sapi Perah, Domba, Kambing, Itik dan Ayam Buras/Lokal ) dalam upaya turut memberdayakan masyarakat usaha peternakan rakyat Tahun 2016, dan  Membina dan mengevaluasi kinerja Kelompok Peternak dalam upaya mengembangkan agribisnis peternakan Tahun 2016. “Penilaian di kelompok tunggal rasa ini bukan untuk juara provinsi tetapi untuk bisa menjadi Juara Nasional,” kata Ir. Doddy Firman Nugraha disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Kelompok ternak tunggal rasa pada lomba peternakan berprestasi ini dinilai dari berbagai aspek, diantaranya aspek usaha agribisnis hulu, aspek usaha agribisnis on farm atau budidaya, aspek agribisnis hilir, kelembagaan dan keunggulan kelompok. “Dari berbagai aspek yang dinilai tunggal rasa sudah cukup memenuhi kriteria tersebut, tetapi poktan jangan merasa puas,” harap Erdono penyuluh pertanian yang setia mendampingi kelompok.

(Sekretariat Desa)

Facebook Comments