Pemdes Fasilitasi Calon Wirausaha Baru

12183916_1586708644885069_8272523257422066241_oSetelah tahapan demi tahapan di lalui akhirnya beberapa masyarakat lolos seleksi Wira Usaha Baru Jawa Barat tahun 2016, sebelumnya Pemdes Majasari mendampingi masyarakat mulai dari pendaftaran online, pembuatan proposal dan seleksi wawancara di BPKP Cirebon. “Saat ini baru 4 orang yang lolos seleksi dari 11 orang pendaftar kempatnya sudah mempunyai usaha dan ingin dikembangkan, mudah-mudahan secara bertahap semua pendaftar dari Desa Majasari bisa lolos dan mengikuti pelatihan, Apa yang dilakukan kami mungkin hal kecil yang semua orang dapat lakukan, pendampingan masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan Wira Usaha ini adalah upaya pemerintah desa memfasilitasi kebutuhan warga.” terang Hasan Basri Kasi Kesra

Menurut Hasan Basri memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam peningkatan kapasitas dan produktifitas merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan yang dilaksanakan Pemdes Majasari dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan atau kapasitas masyarakat dalam memamfaatkan sumber daya yang dimiliki, baik itu sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang tersedia dilingkungannya agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. “upaya yang dilakukan tidak hanya sebatas untuk meningkatkan kemampuan atau kapasitas dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi juga untuk membangun jiwa kemandirian masyarakat agar berkembang dan mempunyai motivasi yang kuat dalam berpartisipasi dalam proses pemberdayaan,” imbuh lebe sebutan lokal untuk kasi kesra.

Wirausaha Baru Jabar adalah Program Pencetakan 100.000 Wirausaha Baru Jawa Barat merupakan program pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berupaya secara bertahap mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Tahapan pendaftaran wira usaha baru dimulai dari pendaftaran online , seleksi berkas dan seleksi wawancara. Wirausaha baru yang dicetak oleh pemerintah provinsi Jawa Barat ini diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan usahanya, dapat membuka lapangan kerja baru sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan lingkungannya.

(Sekretariat Desa Majasari)

Facebook Comments