BALI KEMBALI KE MAJASARI

Sesi Desk Perbekel Bali dan Kuwu Majasari

Setelah Desa Beloksidan Kecamatan Petang dan Desa Sobangan Kecamatan Mengwi , hari ini  Jum’at (23/9/2016) Desa Sembung, Desa Werdhi Bhuawana dari Kecamatan Mengwi dan Desa Bongkasa dari Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Provinsi Bali kembali ke Majasari dalam rangka orientasi lapangan. Orientasi lapangan adalah rangkaian kegiatan Diklat Manajemen Pemerintahan  Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung. Desa Majasari dipilih sebagai tempat kunjungan karena prestasi lomba desa nasional yang baru saja diraih di tahun 2016 ini.

Dalam sesi diskusi para Perbekel sebutan lokal untuk Kepala Desa di Bali banyak menggali informasi tentang pemberdayaan masyarakat dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di Desa Majasari. “Kesan pertama ketika kami masuk desa Majasari adalah kesan kesederhanaan bisa dikatakan biasa-biasa saja, tetapi perspektif kami langsung berubah seketika kami masuk ke bangunan ini, luar biasa. Begitu banyak hal yang belum terfikirkan oleh kami tetapi sudah dilaksanakan di Desa Majasari, pantas jika tim juri nasioanal menganugerahkan juara lomba desa tingkat nasional kepada Majasari” kesan Perbekel werdhibuwana.

Sementara Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si mengatakan potensi anggaran yang dimilik oleh Bali sangat mungkin untuk mewujudkan apa yang ada di Desa Majasari jauh lebih baik jika diterapkan di bali.”Anggaran (APBDes) kami keseluruhan hanya berkisar 1.5m sementara kawan-kawan dari Bali paling rendah 8 m,” jelas Kuwu Majasari

Kuwu Majasari juga menjelaskan bahwa pa yang apa yang dilakukan di desa Majasari berdasarkan kebutuhan masyarakat, dan setiap kegiatan atau kebijakan yang dilaksanakan mempunyai dasar pengaturan melalui peraturan desa sehingga ada pengaturan pelaksanaanya serta alat ukur  yang jelas apa yang ingin dicapai.

Sekertaris Kecamatan Mengwi yang mendampingi rombongan mengatakan Bupati Badung sangat tertarik dengan Desa Majasari dan ingin sekali berkunjung ke Majasari, “Oktober nanti Bupati ingin sekali berkunjung ke Majasari dan melihat langsung kondisi Desa Majasari,” ungkap Sekcam Mengwi.

(sekretariat desa)

Facebook Comments