Ini Daftar Kehebatan Desa Majasari Indramayu Jadi Jagoan Jabar Di Tingkat Nasional

Bisnis.com, BADSC_0253NDUNG–Terpilihnya Desa Majasari, Indramayu untuk mewakili Jawa Barat dalam ‘Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2016’ disambut antusias Wagub Deddy Mizwar.

Berdasarkan pada surat Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Nomor 414.4/4667/BPD tanggal 14 Juli 2016, dilakukan pula Klarifikasi Lapangan Penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan tersebut.

Wagub Deddy mengatakan melalui perlombaan desa dan kelurahan ini dapat menjadi alat ukur capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan, juga mengetahui efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Tentunya, saya berharap melalui penilaian Lomba Desa dan Kelurahan ini, dapat memotivasi masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan untuk lebih memantapkan, menguatkan dan mengembangkan desa agar lebih berdaya, sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai,”katanya, Kamis (28/7/2016).

“Khusus Desa Majasari, semoga dapat membawa harum nama Jawa Barat pada ajang ini. Tak lupa, semoga Allah SWT senantiasa memberikan Ridho- Nya,” tambahnya.

Deddy juga sempat mencatat beberapa pencapaian desa yang jadi unggulan ini. Pertama kata dia, bahwa saat ini kemiskinan Majasari ada di bawah angka kemiskinan Kabupaten Indamayu sendiri.

Tingkat kemiskinan di desa ini ada di angka 8,24%. Sementara tingkat kemiskinan Nasional ada di atas angka 10%, dan di Kabupaten Indramayu sendiri diatas 12%.

“Tapi ada satu desa jauh dibawah itu. Kalau bukan prestasi ini apa? Ini goalnya, mengurangi kemiskinan, membuka peluang untuk maju,” jelas Deddy.

Ada ratusan hektare sawah di desa ini, lanjutnya, artinya Majasari juga memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis pertanian. Terlebih desa Majasari selalu mengikuti instruksi presiden. Seperti menjual daging sapi seharga Rp80.000.

“Harga daging pun terjangkau, sesuai instruksi Pemerintah pusat, kebutuhan proteinnya terpenuhi, pasti cerdas- cerdas semua. Saya berharap tidak ada satupun anak Majasari yang tidak sekolah, karna tidak mampu, tidak ada fasilitas,” harapnya.

sumber :

http://bandung.bisnis.com/read/20160728/82444/558674/ini-daftar-kehebatan-desa-majasari-indramayu-jadi-jagoan-jabar-di-tingkat-nasional

Facebook Comments