Masyarakat Majasari Berkomitmen di Mendem Sedekah Bumi

Majasari (22/10/15). Desa Majasari masih menjaga adat dan tradisi desa Mendem Sedekah Bumi. Sebagaimana umumnya tradisi masyarakat agraris desa-desa di Kabupaten Indramayu dalam setiap penyambutan musim tanam didahului dengan serangkaian acara adat yang dinamakan mendem sedekah bumi.

Ditahun 2015 ini ada yang berbeda dalam pelaksanaannya, mendem sedekah bumi yang identik dengan pergelaran wayang kulit dalam resepsi hajatnya setelah Do’a bersama dan pembacaan kidung macopat, ditahun ini Pemdes Majasari menyelenggarakan pengajian umum. Selain pengajian  Mendem sedekah bumi dijadikan momentum untuk mendeklarasikan gerakan masyarakat. Dua gerakan masyarakat sekaligus di deklarasikan. Gerakan Masyarakat Majasari Magrib Mengaji dan Gerakan Bersih Desa.

Menurut Ketua MUI Desa Majasari bahwa Gerakan Majasari Magrib mengaji adalah gerakan untuk menumbuhkan semangat dan kecintaan membaca Al Qur’an, memakmurkan Masjid dan Mushola, mencegah kerusakan moral generasi penerus Desa Majasari. “Kami harap komitmen ini bisa dijaga, himbauan untuk mematikan TV dan berhenti bermain diwaktu magrib untuk mengaji dapat kita laksanakan”. terang Ustd. Syarifudin ketua MUI Desa Majasari. Sementara itu Gerakan Bersih Desa adalah gerakan moral masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan dapat mengelola sampah yang diproduksi dilingkungan rumahnya melalui pola 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).

Pengajian Umum yang menghadirkan penceramah K. Jamaludin Kahfi dalam rangka Mendem Sedekah Bumi dihadiri oleh ratusan masyarakat yang memenuhi halaman  Balai Desa Majasari, hadir pula Kuwu Desa Majasih beserta perangkat dan Istri-istri perangkat desa.”Saya sangat berbahagia mendem sedekah bumi tahun ini bisa dihadiri oleh banyak masyarakat, dan kita bisa sama sama berkomitmen untuk mendeklarasikan gerakan yang di inisiasi masyarakat.” terang Kuwu Wartono. dalam kesempatan sambutanya Kuwu Majasari Bapak Wartono, S.Pd., M.Si menjelaskan program-program pembangunan desa termasuk peningkatan produktifitas perempuan untuk mencoba memulai usaha di desa sendiri sehingga bekerja keluar negeri bukan menjadi pilihan lagi.

Purna TKI yang tergabung dalam kelompok usaha bersama dalam acara mendem sedekah bumi difaslitasi oleh BUMDes Majasari memamerkan hasil produknya baik kerajinan maupun macam-macam makanan olahan sebagai ajang promosi agar masyarakat desa Majasari lebih cinta produk dalam desa sendiri.

Sekretariat Desa Majasari.

Facebook Comments