Peneliti dari Colombia University Datangi Kelompok Tani Tunggal Rasa Desa Majasari

Kuwu Majasari dengan H.Kusnomo dan Peneliti dari Colombia Univerity
Foto Dok. Sekretariat Desa
Perubahan iklim merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari dan memberikan dampak terhadap berbagai segi kehidupan. Pertanian diketahui merupakan sektor yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim dan Indramayu merupakan salah satu wilayah sentra produksi padi yang rentan terhadap perubahan iklim, hal itu menarik perhatian peneliti dari Colombia University Amerika Serikat untuk menawarkan program asuransi iklim di Indramayu.
Jev dan Jessica peneliti dari Colombia University yang didampingi oleh peneliti dari Institut Pertanian Bogor, Wakil Ketua KTNA Kabupaten Indramayu, H. Sutatang dan H. Kusnomo Tamkani (Tokoh pertanian Indramayu/mantan Kadis Pertanian Indramayu), Camat Sliyeg Budi Setiawan, S.Sos., M.Si datang ke Desa Majasari untuk mensimulasikan perubahan iklim yang mungkin terjadi. Simulasi dilakukan bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunggal Rasa diketuai oleh Slamet Setiyadi dilaksanakan di Saung Meeting (tempat pertemuan petani) pada hari senin (23/6/14) di areal pesawahan Kelompok Tani Tunggal Rasa Desa Majasari Kecamatan Sliyeg.
Simulasi yang tempak seperti permainan tersebut sebenarnya metoda sosialisasi agar para petani memahami perubahan iklim yang sudah tidak bisa dibaca lewat petunjuk-petunjuk alam, tetapi bisa diketahui dan dibaca lewat teknologi pencitraan satelit. sampai pada akhirnya simulasi mengarah pada manfaat perencanaan keuangan petani  jika mengikuti asuransi perubahan iklim untuk menghindari kerugian-kerugian petani dari anomali iklim.
“Pemerintah Desa Majasari mendukung semua program pemberdayaan petani yang membantu petani meningkatkan kapasitas Sumber daya petani maupun kwalitas produksi pertanian yang mengarah pada peningkatan pendapatan petani, tidak saja program dari pemerintah, tetapi swasta, NGO maupun Akademisi yang menaruh perhatian dan dedikasi pada sektor pertanian” Jelas Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si (Sekretariat Desa Majasari)

Dokumentasi Foto kegiatan
Facebook Comments