Sambut Mahasiswa Unpad dan IAIN dengan Sosialisasi Buta Internet

Peserta KKN 2014 UNPAD dan IAIN SNJ
Foto. Dok Sekretariat Desa
Pemerintah Desa Majasari, Lembaga Kemasyarakatan dan para tokoh masyarakat sambut Mahasiswa Kuliah Kerja atau biasa disebut KKN/KKNM, Acara yang diselenggarakan pada sabtu (21/6/14) di Balai Gede Ki Shabra berlangsung cukup hangat dan penuh kekeluargaan. Peserta KKN yang terdiri dari UNPAD dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Majasari sebagaimana tri dharma perguruan tinggi selama satu bulan untuk UNPAD dan empat puluh hari bagi IAIN. Kedua Institusi ini pun membawa misi pengabdian masyarakat dengan konsep yang berbeda, IAIN dengan POSDAYA yang berbasis Masjid sedang UNPAD melalui Tematik.
Banyak harapan yang disampaikan oleh perwakilan lembaga lembaga kemasyarakatan desa, Mahasiswa yang KKN di Majasari diharapkan bisa memberikan inovasi pada semua bidang yang selama ini menjadi fokus lembaga kemasyarakatan desa baik partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa, pada bidang keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya. Kiki dari UNPAD dan Mahbub dari IAIN menjadi perwakilan mahasiswa yang menyampaikan maksud dari kedatangan mereka sekaligus menerangkan program kerja yang akan mereka laksanakan selama KKN di Majasari.
Pada kesempatan yang sama pula Pemerintah Desa Majasari menggandeng CV. Akar Daya sebagai distributor resmi Telkomsel dalam mendukung prakarsa pembangunan masyarakat informatif di Desa Majasari. Seperti diketahui Telkomsel saat ini mempunyai program Indonesia Genggam Internet lewat Gerakan Pemberantasan Buta Internet atau Bunet. Kuwu Majasari Wartono, S.Pd., M.Si menyampaikan harapanya seluruh Mahasiswa berperan serta mensosialisasikan kebaikan dan kemanfaatan internet.
Sosialisasi Bunet Foto Dok. Sekretariat Desa
Pembangunan masyarakat dengan basis IT sudah direncakan pemerintah desa dan tertuang dalam RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dan langkah-langkahnya sudah dimulai dengan memberikan akses informasi pada masyarakat dengan disediakannya wifi area di Balai Desa Majasari, selain itu pemerintah desa juga gencar melaksanakan sosialisasi akan kemafaatan dan kebaikan internet pada masyarakat seperti yang dilaksanakan pada hari ini.
“Indonesia Genggam Internet mungkin berhasil jika dimulai dari Desa Genggam Internet, Ada Tujuhpuluh persen lebih penduduk Indonesia tinggal di perdesaan dan langkah Telkomsel untuk memberantas buta internet diharapkan tidak saja profit oriented tetapi juga mempunyai prinsip social oriented dalam ikut serta membangun bangsa, artinya edukasi terhadap penggunaan internet dan fasilitas yang mungkin bisa diberikan dalam mendukung program Indonesia genggam Internet bisa diberikan lewat tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada masyarakat desa ” papar Kuwu Majasari. Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Tim Sosialiasi Bunet dari Telkomsel yang sudah membantu mensosialisasikan kebaikan dan manfaat Internet bagi masyarakat desa. (Sekretariat Desa Majasari)
Facebook Comments