Komunitas TIK Desa Majasari dinilai Diskominfo Provinsi Jawa Barat

Komunitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) desa Majasari di ikutsertakan Dishubkominfo Indramayu dalam seleksi  Anugrah IT Jawa Barat Tahun 2014. Ibu lela Kepala Bidang Kominfo Kabupaten Indramayu melihat relawan TIK yang ada di Desa Majasari cukup aktif untuk melakukan perubahan dalam bidang sosial kemasyarakatan dan partisipasi pembangunan desa melalui media TIK, baik penggunaan Internet maupun Informasi melalui Radio Komunitas yang ada di Desa Majasari.
Penjurian Anugrah IT Jawa Barat 2014 yang dilaksanakan pada hari Selasa (18/3/2014) dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa, Muspika Kecamatan Sliyeg, Tim juri dari Comlabs ITB yang didampingi oleh Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kabid Kominfo Kabupaten Indramayu bersama staff, Komunitas TIK Cbo zulfikar dan masyarakat desa Majasari memenuhi Aula Bale Gede Ki Shabra gedung Balai Desa Majasari. 
Dalam paparanya ketua CBO Zulfikar Desa Majasari Aas Adiwijaya mengungkapkan bahwa perjalanan memperkenalkan TIK di desa Majasari dimulai dari remaja Masjid, anak-anak putus sekolah , Karang Taruna dan sampai pada akhirnya dipercaya juga oleh Pemerintah Desa Majasari untuk mengelola website desa. “Memperkenalkan TIK di desa bukan tanpa halangan banyak orang yang mencibir langkah kami untuk memperkenalkan TIK sampai akhirnya bisa mempublikasikan potensi – potensi desa melalui Internet,” ungkapnya.

TIK di desa Majasari diperkuat ketika Relawan TIK yang anggotanya kebanyakan merupakan mantan buruh migran mendapatkan program dari BNP2TKI yang dilaksanakakan oleh yayasan Tifa foundation dan pendamping lokal WCC (women crisis centre) Balqis Cirebon, dengan hibah yang diberikan dan dipergunakan untuk membuat rumah TIK. Kalau dari tahun 2009 hanya mengajarkan komputer program komputer perkantoran muai tahun 2012 CBO Zulfikar mendampingi masyarakat untuk mengenal dunia internet.

Dua orang juri dari Comlab ITB dalam interview banyak menanyakan tentang pengelolaan administrasi, pengorganisasian cbo secara internal dan regenerasi relawan TIK di desa Majasari.  Salahsatu juri Djadja A.S dari Comlabs ITB memberikan semangat dan harapan untuk pengurus CBO Zulfikar, “Mudah-mudahan CBO Zulfikar masuk lima besar.” katanya, diikuti kata Amin oleh seluruh pengurus.
Facebook Comments