Kegiatan POSKESDES di Baledesa Majasari

Rabu 12/03/2014 POSKESDES Majasari melakukan kegiatan seperti biasa yaitu melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Setiap hari Rabu dan Kamis di Baledesa Majasari diadakan program Poskesdes yang bekerja sama dengan Puskesmas. Dan pada hari Rabu 12/03/2014 kemarin ada salah satu pasien yang memeriksakan kesehatannya. Seperti Ibu Mariah, 76 th yang sudah menderita tekanan darah tinggi sejak lama. Pada saat di periksa tekanan darahnya sampai 200/110 mmHg. Ini sudah jelas termasuk darah tinggi atau hipertensi. Padahal saya sudah minim obat yang di berikan dari pihak kesehatan, tapi tetep saja tekan darah tingginya ngga turun, ujar Ibu Mariah. Setelah di tanya ternyata pencegahannya yang tidak di jalankan dengan baik.

Sebenarnya tekanan darah tinggi bisa diturunkan, selain dengan mengkonsumsi obat darah tinggi bagi penderita juga harus mau menjalankan pencegahan agar tekanan darah tidak naik lagi. Sseperti, kurangi makanan yang terlalu banyak mengandung garam, kurangi merokok dan minuman alkohol, hindari pikiran yang terlalu stress, konsumsi makan yang seimbang dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Gejala hipertensi biasanya sakit kepala dan pusing, penglihatan kabur, jantung berdebar dan sesak nafas. Tapi tidak semua merasakan biarpun mereka yang mempunyai penyakit ini. Inilah sebabnya mengapa harus memeriksakan tekanan darah secara teratur.

Resiko umu yang terjadi bagi mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi adalah strok. Hal ini terjadi karena tekanan darah yang lemah kemudian mengakibatkan perdarahan di otak.(nia)

Facebook Comments