Kepala BNP2TKI: Perdes Majasari Terbaik Lindungi TKI

Indramayu, BNP2TKI, Senin (21/10) -Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat menegaskan Peraturan Desa (Perdes) Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu Jawa Barat Nomor 3 Tahun 2012 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Asal Desa Majasari merupakan terobosan terbaik bagi perlindugan TKI di tingkat desa.

Isi Perdes yang ditandatangani oleh Kepala Desa Majasari Wartono meliputi prapenempatan, masa penempatan yang diserahkan urusan perlindungannya kepada BNP2TKI dan masa purna penempatan terkait program pemberdayaan kegiatan ekonomi produktif.
“Perdes itu satu-satunya di Indonesia. Saya memberi apresiasi tinggi,” kata Kepala BNP2TKI ketika berbicara pada dialog dengan para calon TKI, keluarga TKI, dan TKI purna di Balai Desa Majasari, Senin (21/1).
Turut hadir pula pada acara itu Wakil Bupati Indramayu Supendi, sejumlah pejabat BNP2TKI, Kepala BP3TKI Bandung Hasan Abdullah, Kepala Disnaker Indramayu Wawang Irawan, dan Kepala Desa Majasari Wartono, serta undangan lain
Menurut Jumhur, Perdes itu secara tidak langsung telah melaksanakan visi pemerintah di bidang perlindungan TKI. Perdes Majasari merupakan desa percontohan manajemen perlindungan buruh migran baik pada masa pra, masa penempatan dan purna penempatan yang terintegrasi dengan baik.
Perdes Majasari tidak ada yang melanggar aturan di atasnya.
Terkait Perdes Majasari, Jumhur menambahkan akan melatih operator di desa Majasari untuk bekerjasama dengan crisis center BNP2TKI.
Kepala BNP2TKI juga memberikan apresiasi terhadap program pemberdayaan TKI purna yang dilakukan Kades Wartono.
Jumhur setuju, untuk mendorong. program-program Kementrian di bidang ketahan pangan melalui penyediaan sapi dan budidaya tanaman kedelai dilakukan di Indramayu.
Indonesia, katanya, merupakan surga inventasi bagi investor asing dan kita harus cegah masuknya modal asing agar kita jangan jadi penonton pengelolaan hasil kekayaan alam kita.
Dia mengharapkan kepada para TKI purna Indramayu untuk membuka usaha produktif di bidang peternakan dan agribisnis.
“Saya juga membawa Bank Jabar dan BNI untuk membantu usaha-usaha TKI Purna di desa Majasari,” katanya.
Kepada Wakil Bupati Supendi, Jumhur mengharapkan agar pemerintah daerah menyediakan anggaran lebih bagi pembinaan buruh migran Indramayu.
Jawa Barat, katanya, merupakan provinsi terbesar penempatan TKI. Dan Indramayu berturut-turut merupakan kabupaten terbesar dalam penempatan TKI ke luar negeri.
“Jadi sudah sewajarnya jika pemda memberikan perhatian lebih kepada TKI-nya,” kata Jumhur.(zul/toh/b)
Sumber : 
http://www.bnp2tki.go.id/berita-mainmenu-231/8956-kepala-bnp2tki-perdes-majasari-terbaik-lindungi-tki.html
 

Facebook Comments