Pemdes Majasari Hijaukan Lingkungan Desa

Dok.Pemdes

Pemerintah Desa Majasari tengah menggiatkan penghijauan lingkungan desa. Hal itu sebagai salah satu upaya menyukseskan program penanaman sejuta pohon, dan melestarakin budaya lokal serta menghijaukan lingkungan.

Pemerintah Desa bersama unsur muspika Sliyeg beserta masyarakat desa Majasari dan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sedang melaksanakan KKN, bergotong royong menanam pohon Maja ditepi sungai yang melintasi desa Majasari, Jumat (21/6).
Diungkapkan Kuwu Majasari, Wartono, S.Pd., M.Si, Pohon Maja dipilih selain mempunyai nilai historis yang melekat pada nama desa, juga memiliki manfaat yang istimewa. Satu sisi memiliki nilai keindahan, sedang disisi lain pohon Maja juga dapat dimanfaatkan sebagai Insektisida organik setelah didiproses dengan mencampurkan limbah kandang.
“Yang kami lakukan hari ini yaitu mengadakan kegiatan bersih-bersih desa, sekaligus penanaman pohon maja untuk penghijauan, menjaga erosi tanah, juga sebagai serapan air. nantinya pohon-pohon Maja yang telah kita tanam pada hari ini, akan dilegalkan melalui peraturan desa” terang Wartono.
Dok.Pemdes

Hadir dalam penanaman pohon maja pelaksana tugas Camat Sliyeg Budi Setiawan, S.Sos, M.Si yang di dampingi Kapolsek Sliyeg  dan perwakilan Danramil Sliyeg. Budi Setiawan mengatakan, pihaknya menyambut baik gagasan pemerintah desa yang menggelar kegiatan positif tersebut. ” Upaya ini patut kita dukung, sehingga nantinya akan tercipta lingkungan yang hijau dan bersih. Selain melakukan penanaman pohon hari ini, juga perlu dilakukan pemeliharaan dihari-hari berikutnya. Sehingga apa yang menjadi tujuan program ini akan dapat tercapai,” tutur Plt. Camat Sliyeg.

Masyarakat tampak aktif mengikuti kegiatan penanaman pohon yang digagas pemerintah desa Majasari. Dengan penuh kesadaran, mereka mengawal program tersebut dan berkomitmen untuk menjaga tanaman yang telah ditanam bersama (cip).

Sumber : Harian Radar Indramayu Edisi Sabtu 22 Juni 2013

Facebook Comments