Desa Tegaltaman Menuju Desa Terbaik di Jawa Barat

SUKRA 7/5/2013 – Setelah menjadi desa terbaik pertama di Kabupaten Indramayu, Desa Tegaltaman Kecamatan Sukra kini siap untuk menjadi desa terbaik di Provinsi Jawa Barat. Hal itu terungkap pada saat lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung Selasa (7/5) di desa tersebut.

Kedatangan tim penilai bersama dengan Bupati Indramayu dan unsur muspida lainnya disambut secara antusias oleh ribuan masyarakat di desa tersebut, selain itu untuk menyambut kedatangannya juga disambut dengan kesenian lengser. Sejak pagi hari, ribuan masyarakat berdiri di pinggir jalan yang dijadikan sebagai jalur utama untuk menuju desa tersebut. Bahkan kedatangan tim penilai disambut dengan kuda renggong yang telah disiapkan oleh panitia.
Pada kesempatan itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, perlombaan desa merupakan evaluasi atas penyelenggaraan pemerintahan, kinerja pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan desa. Apa pun hasil yang didapatkan melalui perlombaan ini, seyogyanya dijadikan koreksi untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan, sehingga di masa yang akan datang Desa Tegaltaman dan seluruh desa lainnya di Kabupaten Indramayu dapat menjadi desa yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Meskipun jauh dari sempurna, lanjut bupati, Desa Tegaltaman telah memberikan usahanya yang terbaik dan patut dibanggakan. Namun, usaha itu sendiri tidak boleh berhenti pada perlombaan. Desa Tegaltaman harus mampu memanfaatkan event ini sebagai motivasi untuk semakin maju dan berkembang, karena perlombaan ini hanyalah langkah awal menuju langkah berikutnya yang harus dilewati Desa Tegaltaman dalam menuju pembangunan untuk kesejahteraan masyarakatnya.
“Saya percaya para tim penilai pun telah melihat usaha optimal di tengah keterbatasan, kendala, dan hambatan yang dimiliki oleh Desa Tegaltaman, sehingga dapat memberikan penilaian yang adil atas seluruh kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh Desa Tegaltaman. Kendati demikian, seluruh aparat dan masyarakat Desa Tegaltaman khususnya, serta Indramayu pada umumnya tidak pernah berhenti berdoa untuk kemenangan dalam perlombaan ini. Mudah-mudahan seluruh tim penilai dapat melihat usaha maksimal tersebut dan mempertimbangkan seluruh keunggulan yang dimiliki serta dapat menjadikan Desa Tegaltaman sebagai juara pada perlombaan desa tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2013 ini.” tegas Anna Sophanah.
Sementara itu Camat Sukra Teguh Budiarso, S.Sos mengatakan, Desa Tegaltaman yang berada dipesisir pantai utara ini memiliki cirri khas sendiri. Jika selama ini daerah pantai dikenal dengan sikap indivindualistis, dan acuh. Namun hal ini berbeda dengan warga masyarakat didesa tersebut, dimana warganya mengedepankan sikap kebersamaan dan memiliki jiwa gotong royong yang sangat tinggi.
Lomba desa ini, lanjut camat, diharapkan menjadi titik awal kebangkitan bagi masyarakat desa untuk membangun desanya. Kemudian bisa dijadikan sebagai pemicu dan motivasi bagi masyarakat setempat dan hal yang juga terpenting dari lomba desa ini yakni masyarakat ikut berpartisipasi secara nyata.
Pada kesempatan itu, tim penilai yang didampingi oleh Bupati Indramayu dan juga unsur muspida lainnya langsung meninjau pameran yang merupakan hasil karya dari masyarakat Desa Tegaltaman yang berupa industri usaha kecil makanan dan hasil seni lainnya.
Selanjutnya tim penilai melakukan wawancara dengan unsur terkait yang telah dibagi kedalam berbagai kelompok dan bidang yakni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan kamtib, partisipasi masyarakat / kreatifitas / inovasi, kelembagaan, dan bidang PKK. 
Sumber (deni / humasindramayu)http://www.indramayukab.go.id
Facebook Comments