Bintek Pengelola Perpustakaan Desa

Selama empat hari (tgl. 12-15 November 2011) pengelola Perpustakaan Desa Majasari mengikuti Bintek Pengelola Perpustakaan Desa se Jawa Barat bertempat di hotel Pesona Bamboe lembang, bandung. Perpustakaan Desa Majasari sebenarnya sudah berdiri satu tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2010, koleksi buku yang ada adalah hasil sumbangan dari Masyarakat desa Majasari yang dikumpulkan oleh pengurus Karang Taruna. 
Sebelum mendapatkan bimbingan dari BAPUSPIDA Jabar Perpustakaan Desa Majasari sudah menerapkan sistem perpustakaan sebagai mana perpustakaan di Indonesia yang menerapkan klasifikasi persepuluhan atau DDC (Dewey Decimal Code) dan selama itu pula belum mendapatkan bimbingan dari Instansi terkait baik dari Kabupaten maupun Propinsi.


 Pengurus Perpustakaan Desa Majasari Aas Adiwijaya beserta Kuwu Majasari Wartono, S.Pd.,M.Si menyambut baik Bintek yang diadakan BAPUSPIDA Jabar setidaknya apa yang telah diterapkan dalam pengelolaan perpustakaan desa selama ini bisa dievaluasi secara intern dan dapat ditingkatkan lagi dengan apa yang telah didapat dalam Bintek tersebut.
Dari total undangan untuk 20 desa se Indramayu hanya 16 desa yang hadir dalam pelaksanaan Bintek tersebut padahal banyak manfaat yang didapatkan peserta Bintek diantaranya Stimulan 1000 buah buku dan 2 buah rak buku untuk tahun anggaran 2011 ini dan di tahun 2012 nanti desa yang mengirimkan calon pengelola perpustakaan desa akan diberikan sarana perpustakaan yang lain seperti lemari, papan display, meja baca dan lain-lain dan yang menggembirakan adalah seluruh pengelola perpustakaan desa akan diberikan insentif, mudah-mudahan perda perpustakaan desa segera disetujui oleh DPRD Provinsi Jawa Barat sehingga pengelola perpustakaan akan lebih prima dalam melayani pemustaka, mudah-mudahan perpustakaan desa sebagai pusat membaca masyarakat dan belajar sepanjang hayat sebagaimana tema bintek dapat terwujud.(As)
Facebook Comments