Seputar Majasari

TPT Hasil Kegiatan PNPM TA.2010
TPT harapan Baru Petani Majasari


PNPM – MP TA.2010 di desa Majasari dengan kegiatan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di dua lokasi membawa harapan baru bagi petani di desa Majasari, dengan adanya TPT ini petani Majasari tidak akan lagi kesulitan air, dengan debit aliran air yang lancar dan minim rembesan mudah mudahan bisa mengoptimalkan produksi pertanian bagi Masyarakat desa Majasari.
Selayaknya kita warga Masyarakat Majasari memberikan Apresiaisi bagi pelaku PNPM di desa Majasari yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikiranya untuk bersama pemerintah desa berpartisipasi membangun desa melalui program tersebut.
Kegiatan pembangunan TPT sudah selesai 100% , namun dalam pelaporan administrasi nampaknya TPK mengalami kesulitan, masalahnya hanya disebabkan faktor psikologis dan Idealisme beberapa pelaku PNPM di desa Majasari, ini disebabkan komunikasi yang dirasakan antara Fasilitator / UPK dan TPK seperti Boss dan Bawahan, seharusnya Fasilitator sesuai dengan arti katanya Fasilitasi berasal dari kata Perancis, facile dan Latin facilis, yang artinya mempermudah, Inggris (to facilitate = to make easy). Jadi, secara superfisial fasilitator bisa diartikan sebagai orang yang mempermudah. Prinsip utama fasilitasi adalah proses, bukan isi. Seperti dijelaskan Hunter et al, (1993), facilitation is about process – how you do something – rather than the content – what you do. Facilitator is process guide; someone who makes a process easier or more convenient to use
Dalam buku wajib profesi fasilitator yang diterbitkan IAF (International Association of Facilitators), The IAF Handbook of Group Facilitation: Best Practice from the Leading Organization in Facilitation (2005), Schwarz menekankan bahwa tugas utama fasilitator adalah membantu kelompok untuk meningkatkan efektivitas dengan cara memperbaiki proses dan struktur. Proses mengacu pada bagaimana kelompok bekerja, Bukan berkata… “ini salah! perbaiki lagi”, seperti juga dalam tupoksinya :
“UPK bersama-sama dengan Fasilitator Kecamatan (FK) dan PjOK memfasilitasi dan memberikan bimbingan tentang administrasi dan keuangan kepada desa-desa di wilayahnya, serta mengkoordinasikan pertemuan-pertemuan antar desa” 
Satu diantara banyak hal yang yang selalu ditekankan oleh Kuwu Wartono kepada semua lini lembaga desa adalah “menjadi yang terbaik” namun untuk sa’at ini Kuwu Wartono harus pasrah karena untuk periode anggaran 2010 TPK desa Majasari tidak bisa berbuat yang terbaik. (Blogger Pemdes Majasari)
Facebook Comments